Laron dan Pijar Api Lilin

Cermin: Amran Halim

 

            Pada malam yang lembab sehabis hujan; aku asyik bermalas-malasan di kamar. Di ruang makan terdengar suara ibu setengah parau memanggil-panggil namaku. Kupenuhi. Nampaklah ia sedang dikerumuni puluhan, mungkin, laron yang terus menggapai-gapai lampu neon tepat di atas hidangan makan malam kami. Ibu nampak kepayahan mengibaskan tangannya mengusir laron.

            “Banyu, bantu Ibu ngusir laron-laron ini!” aku hanya tersenyum kecil melihat kesia-siaan usaha ibu.

            Kuputarkan pandangan kesekitar; laron-laron itu kian lama kian mengeremumun di tiap lampu yang menyala, tak terkecuali kamarku. Aku berlari menuju keluar dan hal yang sama kutemui.

            Aku terpekur di pintu luar. Sungguh sebuah tujuan hidup yang aneh; berbulan lamanya mereka bersemedi dalam kegelapan semasa kemarau, menyusun sayap yang rapuh, demi menggapai cahaya lantas itu bergugurlah sayapnya dan kembali merayap menjadi rayap.

Aku dapat ilham!

            “Ibu, aku punya ide!” lari menghampiri ibu yang tak acuh dengan teriakanku. Langsung kuambil beberapa batang lilin dan kunyalakan di lorong menuju ruang tamu.

            “Coba matikan semua lampu, Bu!” ibu nampak terheran-heran dan akhirnya dipenuhi juga permintaaku hingga tinggal nyala lilin yang redup itulah penerang rumah kami.

            Ternyata tak sia-sia usahaku. Laron-laron itupun menghampiri pijar lilin dan terbakarlah sayapnya. Namun tak jadi pelajaran bagi laron yang lain maka hal serupa mereka alami. Seperti guguran daun sayap mereka berserakan di sekitar lilin. Sungguh betapa cahaya memiliki pesona tersendiri bagi seluruh makhluk di dunia ini. Akupun asyik bermain pijar lilin dengan membakar sayap laron.

            “Benar kan, Bu. Mereka tertipu?” aku benar-benar puas dengan ideku. Membunuh laron dengan ketakjuban mereka sendiri akan cahaya. Dan pada hakekatnya api adalah muasal dari segala cahaya.

Pondok ASAS, Bandung 311207

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s