Kerangka Acuan Kegiatan Peringatan HPI 2012

Oleh: Seruni
Latar Belakang Kegiatan

Hari perempuan internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret sebagai momentum bersama untuk memperingati perjuangan perempuan pekerja di masa silam. Perjuangan perempuan di masa silam, bersama-sama dengan laki-laki terbukti telah mampu melakukan perubahan. Keterlibatan perempuan pada perjuangan rakyat telah membawa perjuangan tersebut menemui keberhasilannya.

Tahun 2012 merupakan tahun yang semakin “panas” bagi rakyat Indonesia, khususnya perempuan. Selama bertahun-tahun, rakyat Indonesia telah mengalami krisis di berbagai lini, baik ekonomi, politik maupun budaya. Setiap harinya, rakyat Indonesia harus berhadap-hadapan dengan berbagai kesulitan ekonomi yang mengakibatkan taraf kehidupan rakyat semakin menurun. Hampir tidak ada celah atau harapan untuk memperbaiki kehidupan.

Ditengah krisis yang dihadapi oleh seluruh rakyat Indonesia, perempuan sebagai golongan yang dipandang sebagai “pelengkap” dalam keseharian paling banyak menghadapi kesulitan. Selain harus menghadapi beban krisis yang sedang dihadapi oleh seluruh rakyat Indonesia, perempuan pun mengalami persoalan yang lain dalam bentuk patriarki. “beban kerja ganda” merupakan suatu hal yang sangat wajar, dimana perempuan harus bekerja diluar dan di dalam rumah. Selain itu, perempuan pun merupakan unsur yang paling banyak memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga.

Belum lagi hembusan wacana mengenai rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan dilaksanakan oleh pemerintah di tahun 2012 ini, semakin menambah keresahan rakyat, terutama perempuan. Kenaikan harga BBM, dalam bentuk apa pun, selalu membawa dampak naiknya harga-harga yang lain, terutama sekali harga kebutuhan pokok. Perempuan sebagai pengatur keuangan rumah tangga, selalu yang pertama harus menghadapi membengkaknya kebutuhan yang tidak sesuai dengan pemasukan.

Keadaan krisis yang dihadapi oleh seluruh rakyat Indonesia dan penindasan patriarki yang dihadapi oleh perempuan, merupakan kondisi objektif yang mengharuskan perempuan untuk berorganisasi dan terlibat secara aktif dalam perjuangan untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik dan kesetaraan dalam masyarakat.

Oleh sebab itu, peringatan HPI ini dilaksanakan. Kebangkitan perempuan menyatukan dirinya dalam organisasi massa yang memperjuangkan hak-hak rakyat dan hak-hak perempuan merupakan kebutuhan bagi perjuangan rakyat dan pembebasan perempuan.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini diharapkan dapat:

  1. Mengkampanyekan tentang pentingnya perempuan berorganisasi dan terlibat secara aktif dalam perjuangan
  2. Mengkampanyekan tentang pentingnya organisasi massa perempuan bagi kemajuan perjuangan rakyat dalam memperjungkan hak-haknya
  3. Mengkampanyekan tentang berbagai persoalan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia, utamanya mengenai penolakan terhadap rencana kenaikan harga BBM

Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah “PEREMPUAN INDONESIA, BANGKIT, BERORGANISASI DAN BERJUANG MELAWAN PENINDASAN IMPERIALISME, FEODALISME, KAPITAL BIROKRAT DAN PATRIARKI”.

Sementara subtema khusus adalah “RAKYAT BERGERAK MENOLAK KENAIKAN HARGA BBM”

Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan ini adalah “panggung rakyat” yang terbuka untuk umum. Dilaksanakan di ruang terbuka dipemukiman perumahan.

Pada panggung rakyat ini, akan dilaksanakan sambutan-sambutan, orasi-orasi dan hiburan.

Apabila Bapak/Ibu berkenan untuk mempersembahkan persentasi kultural, silahkan menghubungi kontak person yang ada.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 10 Maret 2012, Pukul 09.00 WIB sampai selesai. Kegiatan ini akan dilaksanakan di ruang terbuka yang terdapat di Kampung Babakan Kiara, RT/RW 01/04, Desa Margamekar, Pangalengan.

Kontak Person: O85659301640 (Dewi Amelia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s