Antologi Cerpen Klasik

Kenapa kita membaca cerpen Klasik?

Ada begitu banyak penulis klasik dunia yang mungkin karyanya belum sempat kita kenal. Dengan membaca salah satu, dua atau beberapa karyanya, kita akan mengenal gaya tulisan si penulis. DI sini kami mengajak untuk lebih mengenal para penulis klasik dunia lewat CERITA PENDEK mereka.

Kebanyakan penulis klasik dunia pernah menulis cerita pendek. Kami mengharapkan dengan mencicipi cerita pendek mereka, kalian akan dapat mengenal lebih banyak lagi gaya tulisan para penulis klasik dunia, dan moga-moga membuat kalian ingin membaca novelnya.

Karya-karya mereka  memiliki dampak besar dan rata-rata dikategorikan sebagai ‘karya klasik.’ Apa itu berarti karya-karya yang diterbitkan di abad sebelumnya; atau karya-karya yang ditulis oleh pengarang legendaris? Sama sekali bukan. ‘Klasik’ di sini memiliki konteks yang lebih dalam: yaitu karya-karya yang berpotensi mengubah hidup atau perspektif pembacanya terlepas dari unsur waktu, majalah atau koran yang menerbitkan, maupun si penulis itu sendiri.

Di sini tertera beberapa karya sastra yang mengajak pembacanya berfilosofi ataupun karya yang menggambarkan dunia dalam imaji-imaji ‘keren’ atau karya yang ‘njelimet’; karya yang begitu besar potensinya untuk mengubah cara kita memandang dunia hingga akan selalu lekat di kepala, juga di hati.

Oleh sebab itu, fiksi pendek yang ditampilkan di sini bisa saja baru diterbitkan tahun lalu, atau dua hari lalu atau seabad lalu — karena karya klasik adalah karya yang tak mengenal waktu.

Karena karya sastra mencerminkan budaya, dan semangat hidup. Dan lewat sebuah karya, hidup seseorang bisa berubah. Di Indonesia ada beberapa penerjemah ulung seperti Anton Kurnia, atau organisasi seperi Fiksi Lotus yang konsen menghadirkan cerpen klasik dunia di tengah pembaca. Cerpen2 yang ada di laman ini adalah kumpulan cerpen hasil dari terjemahan; Selamat Membaca.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s