Merajut Keadilan, Mencari Kebenaran: Hentikan kriminalisasi terhadap kaum tani!

Oleh: Aljabar

 

Momo dan Yana dinyatakan bersalah dan dihukum 8 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Bale Bandung pada sidang pembacaan putusan tanggal 3 April 2013. Hal ini tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat dan memperlihatkan bahwa tidak ada keadilan bagi kaum tani. Masyarakat yang menyaksikan persidangan pada hari Rabu 03 April 2013 merasa sangat tertindas oleh keputusan tersebut, dikarenakan tuduhan melakukan Pasal 170 KUHP atas Momo dan Yana merupakan tuduhan yang tanpa bukti dan tidak beralaskan kebenaran.

Momo dan Yana telah memberikan keterangan secara jelas bahwa mereka tidak berada di lokasi kejadian pada saat terjadi peristiwa 24 Oktober 2011 di depan kantor PDAP Pangalengan. Hal ini pun diklarifikasi oleh saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum, tidak ada satu pun di antara mereka yang bisa memberikan keterangan secara jelas bahwa mereka melihat Momo dan Yana ada di lokasi dan
melakukan pelemparan yang mengakibatkan rusaknya kantor pos keamanan dan gedung PDAP.

Semuanya berbelit-belit dan mempergunakan asumsi, namun kesaksian ini dijadikan pertimbangan oleh Hakim. Namun, Berita Acara Pemeriksaan yang sama persis antara dua orang saksi, atau saksi yang tidak mengetahui keterangannya di dalam Berita Acara Pemeriksaan, atau saksi yang menolak Berita Acara Pemeriksaan yang dikatakan sebagai miliknya, semuanya itu tidak ada dalam pertimbangan hakim.

Masyarakat awam yang mengikuti sesi-sesi persidangan sangat yakin bahwa Momo dan Yana tidak akan terbukti bersalah dengan saksi dan bukti yang ada. Putusan bersalah yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim membuat mereka mempertanyakan keadilan dan mempertanyakan pertimbangan Majelis Hakim yang bagi mereka sangat berat sebelah.

Luapan emosi dan air mata mewarnai proses penahanan Momo dan Yana. Masyarakat sangat menyesalkan putusan tersebut dan sepenuhnya mendukung upaya Banding yang akan dilakukan. “Sistem hukum ini bagai jeratan bagi kami”, ujar mereka sambil menyeka air mata#

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s