Vladimir Illich Ulyanov (Lenin)

Catatan Biografi ditulis oleh John Simkin

Vladimir Illich Ulyanov (kemudian dikenal sebagai Lenin) lahir di Simbirsk , Rusia , pada 10 April 1870. Ayahnya, Ilya Ulyanov, seorang inspektur sekolah-sekolah lokal, berpandangan konservatif dan merupakan anggota yang saleh dari Gereja Ortodoks Rusia .Lenin sangat dipengaruhi oleh pandangan politik revolusioner kakaknya, Alexander Ulyanov , yang memperkenalkan dia untuk ide-ide Karl Marx .

Lenin dididik di Gimnasium Simbirsk . Kepala sekolah Nya adalah Fyodor Kerensky , ayah dari Alexander Kerensky . Walaupun Lenin membenci pandangan konservatif gurunya, ia masih berhasil melakukannya dengan baik dalam ujian itu.

Pada usia tujuh belas Lenin membaca novel utopis, Apa yang harus Dilakukan? oleh Nikolai Chernyshevsky . Seiring dengan Alexander Ulyanov dan Karl Marx, Chernyshevsky adalah pengaruh terbesar pada perkembangan awal politiknya. Aku n 1887 saudara Lenin, Alexander Ulyanov, anggota Will Rakyat, dieksekusi karena terlibat dalam plot untuk membunuh Tsar Alexander III. Sebagai saudara penjahat negara, upaya dilakukan untuk menghentikan Lenin masuk universitas. Akhirnya dia diizinkan untuk belajar hukum di Universitas Kazan.

Sementara di universitas Lenin terlibat dalam politik. Setelah satu demonstrasi protes ia ditangkap dan dibawa ke kantor polisi setempat. Salah satu petugas polisi bertanya: “Mengapa engkau memberontak, anak muda Setelah semua, ada dinding di depan Anda.” Lenin percaya diri menjawab: “Dinding rumah terhuyung-huyung, Anda hanya perlu mendorongnya untuk itu jatuh.” Lenin sekarang diusir dari Kazan University dan jadi ia pergi keSt Petersburg dan belajar sebagai mahasiswa eksternal. Setelah melewati ujian hukum pada tahun 1891, Lenin mulai berlatih hukum di Samara .

Lenin kembali ke St Petersburg pada 1893. Ia melanjutkan keterlibatannya dalam politik dan pada tahun 1895 pergi ke Swiss untuk bertemu George Plekhanov, Pavel Axelrod, Vera Zasulich dan Lev Deich dan anggota lain dari Pembebasan Buruh kelompok. Ketika Lenin kembali ke Rusia, Lenin dan sekelompok teman, termasuk Jules Martov dan Nadezhda Krupskaya, membentuk Uni Perjuangan untuk Kemerdekaan Klas Buruh .

Pada tahun 1896 Lenin ditangkap dan dijatuhi hukuman tiga tahun pengasingan internal di Siberia . Rekan dekatnya, Nadezhda Krupskaya , bergabung dengan Lenin di Shushenskoye dan mereka menikah pada bulan Juli, 1898. Meskipun tinggal di pengasingan Lenin menulis Perkembangan Kapitalisme di Rusia, Tugas dari Sosial Demokrat Rusia, serta artikel untuk jurnal sosialis berbagai. Lenin dan Krupskaya juga diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Rusia, Teori dan Praktek Perdagangan Unionism oleh Sidney Webb dan Beatrice Webb. denga judul “Konspirator: Lenin di Pengasingan” karya Lenin. Dirilis pada bulan Februari, 1900

Lenin, Nadezhda Krupskaya dan Jules Martov memutuskan untuk meninggalkan Rusia . Mereka pindah ke Jenewa dimana mereka bergabung dengan George Plekhanov , Pavel Axelrod dan anggota lain dari Pembebasan Buruh untuk menerbitkan Iskra (Spark). Makalah ini dinamai sebuah bagian dari sebuah puisi: “Percikan akan menyalakan api”. Orang lain yang bergabung usaha itu termasuk Gregory Zinoviev , Leon Trotsky dan Vera Zasulich . Lain revolusioner, Clara Zetkin , mengatur agar Iskra yang akan dicetak di Leipzig . Surat kabar itu sekarang menjadi jurnal resmi Partai Buruh Sosial Demokrat , sebuah organisasi yang mencoba untuk menyatukan semua kelompok sosialis yang mendukung penggulingan otokrasi di Rusia.

Pada tahun 1902 Lenin menerbitkan sebuah pamflet, What Is to Be Done? di mana ia berpendapat untuk pesta kaum revolusioner profesional yang berdedikasi untuk menggulingkan Tsarisme. Dia terus berdebat kasus untuk pesta kecil aktivis dengan pinggiran besar non-partai simpatisan dan pendukungnya di Kongres Kedua Partai Buruh Sosial Demokrat yang diselenggarakan di London pada tahun 1903.

Teman lama-Nya, Jues Martov , tidak setuju percaya itu adalah lebih baik untuk memiliki sebuah partai besar aktivis. Martov memenangkan suara 28-23 tapi Lenin tidak mau menerima hasil dan membentuk faksi dikenal sebagai Bolshevik . Mereka yang tetap setia kepada Martov dikenal sebagai Menshevik . Lenin sekarang kehilangan kendali Iskra dan karena itu meluncurkan surat kabar sendiri, Vperyod (Forward).

Pendukung Lenin di Partai Buruh Sosial Demokrat termasuk Gregory Zinoviev , Stalin , Anatoli Lunacharsky , Mikhail Lashevich , Nadezhda Krupskaya , Alexei Rykov , Yakov Sverdlov , Mikhail Frunze , Maxim Litvinov , Vladimir Antonov , Felix Dzerzhinsky , Gregory Ordzhonikidze , dan Alexander Bogdanov . SedangkanGeorge Plekhanov , Pavel Axelrod , Leon Trotsky , Lev Deich , Vladimir Antonov-Ovseenko , Vera Zasulich , Irakli Tsereteli , Moisei Uritsky , Noi Zhordania danFedor Dan didukung Jules Martov .

Lenin diserang oleh filsuf Marxis, Rosa Luxemburg . Pada 1904 ia diterbitkan Pertanyaan Organisasi Demokrasi Rusia , di mana dia berpendapat:. “tesis Lenin adalah bahwa pihak Komite Sentral harus memiliki hak istimewa untuk penamaan semua komite lokal partai itu harus memiliki hak untuk menunjuk organ yang efektif dari semua badan-badan lokal dari Jenewa ke Liege, dari Tomsk ke Irkutsk. Hal ini juga harus memiliki hak untuk memaksakan pada semua dari mereka sendiri siap pakai aturan perilaku partai … Komite Sentral akan menjadi elemen berpikir hanya dalam partai. Semua kelompok lain akan anggota badan eksekutif “Luxemburg diagreed dengan pemandangan Lenin tentang sentralisme dan menyarankan bahwa setiap revolusi yang sukses yang menggunakan strategi ini akan berkembang menjadi sebuah kediktatoran komunis..

Lenin kembali ke Rusia selama Revolusi 1905 tapi tidak seperti Leon Trotsky dan Menshevik , ia membuat dampak kecil pada pembangunan dan gagal untuk mendapatkan banyak dukungan dari munculnya serikat pekerja gerakan. Pada tahun 1907 Lenin meninggalkan harapan untuk pemberontakan bersenjata dekat dan meminta Bolshevik di Rusia untuk berpartisipasi dalam pemilihan untuk Duma Ketiga .

Lenin juga menghabiskan banyak waktu mencari cara untuk mengumpulkan uang untuk partai. Dia mendapatkan sumbangan besar dari Maxim Gorky dan Sava Morozov , para Moskow jutawan. Ini bukan sumber utama penghasilan. Yang terus-up bersenjata Bolshevik geng disediakan banyak lagi. Satu serangan di Kantor Pos Tiflis mengangkat 250.000 rubel. Geng menggunakan bom selama perampokan dan beberapa orang tewas. Ketika George Plekhanov , salah satu pemimpinMenshevik , mendengar bahwa kaum Bolshevik berada di balik perampokan itu ia menyatakan: “Masalah ini sangat memalukan bahwa itu benar-benar saatnya bagi kita untuk memutuskan semua hubungan dengan kaum Bolshevik.”

Lenin, dan dua asisten setia, Gregory Zinoviev dan Lev Kamenev , menggunakan uang ini untuk mencetak literatur revolusioner dan surat kabar seperti Zvezda.Sejumlah uang itu digunakan untuk mendapatkan mengontrol beberapa serikat yang muncul di kota-kota utama Rusia industri. Salah satu agen Lenin, Romawi Malinovsky , terpilih sebagai sekretaris jenderal Perhimpunan St Petersburg Metalworkers ‘.

Pada tahun 1911, Lenin, Zinoviev Gregory , Lev Kamenev dan lainnya Bolshevik pindah ke Perancis dan menetap di sebuah desa kecil di luar kota Paris . Mereka bergabung dengan Inessa Armand Menurut. Nadezhda Krupskaya : “Dia (Inessa) adalah seorang Bolshevik dan segera berkumpul sangat bersemangat Paris kerumunan kami di sekitarnya.” Mereka mendirikan Sekolah Partai Bolshevik dimana agen dilatih sebelum kembali ke Rusia. Mereka juga membuat rencana untuk menangkap kontrol dari Partai Buruh Sosial Demokrat pada konferensi yang akan diselenggarakan di Praha pada bulan Januari, 1912. Langkah ini tidak berhasil dan perpecahan partai dan setelah tanggal bahwa Bolshevik mempertahankan keberadaan benar-benar terpisah dari Menshevik .

Pada konferensi Praha pada tahun 1912 Lenin menyarankan bahwa Malinovsky Romawi harus bergabung dengan Komite Sentral Bolshevik. Beberapa anggota partai menentang langkah ini, mengklaim bahwa ada rumor bahwa Malinovsky adalah Okhrana agen. Dia menolak untuk percaya tuduhan dan menganjurkan bahwa Malinovsky juga harus menjadi Bolshevik calon Duma . Setelah terpilih pada Oktober 1912, Malinovsky menjadi pemimpin kelompok dari enam deputi Bolshevik. Malinovsky dikenal sebagai orator yang fasih dan kuat. Sebelum membuat pidato-pidatonya ia mengirim salinan ke Lenin dan SP Beletsky , direkturOkhrana .

Inessa Armand menjadi sangat dekat dengan Lenin. Menurut Bertram D. Wolfe , penulis Komunis Aneh Aku Tahu (1966): “Dia memiliki kebudayaan yang lebih luas daripada wanita lain dalam lingkaran Lenin (setidaknya sampai Kollontay menjadi penganut selama perang), cinta yang mendalam musik, di atas semua Beethoven, yang menjadi favorit Lenin juga. Dia memainkan piano seperti virtuoso, adalah fasih dalam lima bahasa, adalah sangat serius tentang Bolshevisme dan bekerja di kalangan perempuan, dan memiliki karisma pribadi dan cinta intens hidup yang hampir semua yang menulis tentang dia bersaksi. ”

Lainnya seperti Angelica Balabanoff berpikir bahwa ia menjadi terlalu banyak pengikut Lenin: “Saya tidak hangat untuk Inessa Dia bertele-tele, seratus persen Bolshevik di cara dia berpakaian (selalu dalam gaya berat yang sama), di jalan. pikirnya, dan berbicara Dia berbicara beberapa bahasa dengan lancar,. dan dalam semua mereka mengulangi kata demi kata Lenin. ”

Setelah terpilih pada Oktober 1912, Romawi Malinovsky menjadi pemimpin kelompok dari enam Bolshevik deputi. Lenin berargumen: “Untuk pertama kalinya di antara kita di dalam Duma ada beredar pekerja-pemimpin Dia akan membaca Pernyataan (deklarasi politik dari fraksi Sosial Demokrat pada alamat Perdana Menteri) Kali ini tidak lain Alexinsky.. Dan hasil – mungkin tidak segera -. akan menjadi besar “.

Malinovsky sekarang dalam posisi untuk memata-matai Lenin. Ini termasuk memasok Okhrana dengan salinan surat-suratnya. Dalam surat tertanggal 18 Desember 1912, SE Vissarionov , Direktur Asisten Okhrana, menulis kepada Menteri Dalam Negeri: “Situasi Fraksi ini sekarang sehingga dimungkinkan untuk enam Bolshevik untuk dibujuk untuk bertindak sedemikian rupa untuk membagi ke dalam Fraksi Bolshevik dan Menshevik. Lenin mendukung ini. Lihat suratnya (yang disediakan oleh Malinovsky) “.

Rumor terus beredar bahwa Malinovsky Romawi adalah mata-mata bekerja untuk Okhrana . Ini termasuk surat kaleng dikirim ke Fedor Dan tentang kegiatan Malinovsky itu. Ketika Elena Troyanovsky ditangkap pada tahun 1913 suaminya menulis surat mengklaim bahwa jika dia tidak dirilis ia akan mengekspos agen ganda dalam kepemimpinan Bolshevik. SP Beletsky kemudian bersaksi bahwa ketika dia menunjukkan surat ini kepada Malinovsky ia “menjadi histeris” dan menuntut agar dia dibebaskan. Agar ia tetap sebagai mata-mata Beletsky setuju untuk melakukan hal ini.

Menurut Bertram D. Wolfe saya n 1913: “Dia (Malinovsky) dipercayakan dengan mendirikan pabrik percetakan rahasia di Rusia, yang secara alami tidak tetap menjadi rahasia untuk waktu yang lama Bersama dengan Yakovlev dia membantu memulai kertas Bolshevik di Moskow itu,.. juga, segera berakhir dengan penangkapan editor dalam Rusia, Duma populer Wakil perjalanan ke semua pusat.. Penangkapan berlangsung cukup lambat untuk menghindari kecurigaan dari dia … polisi mengangkat upahnya 500-600, dan kemudian sampai tujuh ratus rubel sebulan. ”

Seorang pemimpin Bolshevik, Nikolai Bukharin , menjadi yakin bahwa Malinovsky adalah mata-mata. David Shub berpendapat: “Ada gelombang penangkapan di antara kaum Bolshevik di Moskow antara mereka yang ditangkap adalah Nikolai Bukharin … Bukharin, maka anggota. Moskow Komite Partai Bolshevik, yang tidak mempercayai Malinovsky dari awal, meski upaya tekun yang terakhir untuk memenangkan rasa percaya dirinya. Untuk Bukharin telah melihat beberapa kali bahwa ketika ia mengatur pertemuan rahasia dengan seorang kawan partai, Okhrana agen akan menunggu untuk menerkam dia Dalam setiap kasus Malinovsky telah. diketahui dari janji dan orang-orang yang Bukharin adalah untuk memenuhi telah ditangkap. ”

Bukharin menulis kepada Lenin menyatakan bahwa ketika ia bersembunyi di Moskow ia ditangkap oleh polisi setelah pertemuan dengan Malinovsky. Dia yakin bahwa Malinovsky adalah mata-mata. Lenin menulis kembali bahwa jika Bukharin bergabung dalam kampanye fitnah terhadap Malinovsky ia akan merek dia publik sebagai pengkhianat. Maklum, Bukharin menjatuhkan masalah tersebut.

Nadezhda Krupskaya kemudian menjelaskan: “Vladimir Ilyich pikir itu sama sekali tidak mungkin bagi Malinovsky telah seorang agen provokator Gosip ini datang dari kalangan Menshevik … Komisi itu menyelidiki semua rumor tapi tidak bisa memperoleh bukti yang pasti dari tuduhan itu..” Daripada melakukan penyelidikan Malinovsky, Lenin meluncurkan serangan terhadap Julius Martov dan Fedor Dan , yang ia dituduh bertindak seperti “perempuan tua gosip”.

Pada tahun 1913 Lenin dan Krupskaya Nadezhda pindah ke Galicia di Austria. Dia mengadakan konferensi Bolshevik pemimpin di Zakopane pada bulan Agustus. Ia kemudian menemukan bahwa dari dua puluh dua orang yang hadir, lima, termasuk Malinovsky Romawi , adalah Okhrana agen.

Pada musim gugur 1913, Inessa Armand bergabung Lenin di Galicia. Menurut Angelica Balabanoff , Inessa dan Lenin kini pecinta: “Lenin dicintai Inessa Tidak ada yang tidak bermoral di dalamnya, karena Lenin menceritakan semuanya Krupskaya Dia sangat mencintai musik, dan ini Krupskaya tidak bisa memberikan Inessa bermain indah nya Beethoven tercinta dan… karya lain … Dia punya anak dari Inessa “Cerita ini juga didukung oleh kesaksian. Alexandra Kollontai .

Nadezhda Krupskaya menulis tentang hubungannya dengan Inessa Armand dalam bukunya, reminisces pada Lenin (1926): “Di musim gugur (dari 1913) kita semua menjadi sangat dekat dengan Inessa Dalam dirinya ada sukacita yang lebih hidup dan semangat Kami.. Inessa dikenal di Paris, tapi ada koloni besar di sana. Dalam Krakow tinggal lingkaran erat merajut kecil kawan Inessa menyewa sebuah kamar di keluarga yang sama dengan yang Kamenev tinggal … Ini menjadi cozier dan Gayer ketika Inessa datang.. seluruh kami hidup penuh dengan kekhawatiran partai dan urusan, lebih seperti komune mahasiswa dari seperti kehidupan keluarga, dan kami senang untuk memiliki Inessa … Sesuatu yang hangat terpancar dari bicara. ”

Pada tahun 1914 seorang pemimpin Bolshevik, Nikolai Bukharin , menjadi yakin bahwa Malinovsky Romawi adalah mata-mata. David Shub berpendapat:. “Ada gelombang penangkapan di antara kaum Bolshevik di Moskow antara mereka yang ditangkap adalah Nikolai Bukharin … Bukharin, maka anggota Komite Moskow Partai Bolshevik, yang tidak mempercayai Malinovsky dari awal, meski upaya tekun yang terakhir untuk memenangkan rasa percaya dirinya. Untuk Bukharin telah melihat beberapa kali bahwa ketika ia mengatur pertemuan rahasia dengan seorang kawan partai, Okhrana agen akan menunggu untuk menerkamnya Dalam setiap Malinovsky kasus telah diketahui dari janji dan. orang-orang yang Bukharin adalah untuk memenuhi telah ditangkap. ”

Bukharin menulis kepada Lenin menyatakan bahwa ketika ia bersembunyi di Moskow ia ditangkap oleh polisi setelah pertemuan dengan Malinovsky. Dia yakin bahwa Malinovsky adalah mata-mata. Lenin menulis kembali bahwa jika Bukharin bergabung dalam kampanye fitnah terhadap Malinovsky ia akan merek dia publik sebagai pengkhianat. Maklum, Bukharin menjatuhkan masalah tersebut.

Pada Juni 1914 Lenin menerbitkan sebuah artikel di Prosveshchenie: “Kami tidak percaya satu kata pun dari Dan dan Martov …. Kami tidak percaya Martov dan Dan Kami tidak menganggap mereka sebagai warga negara yang jujur Kami akan menangani mereka saja.. sebagai kriminal umum – hanya begitu, dan bukan sebaliknya … Jika seorang pria mengatakan, membuat konsesi politik kepada saya, mengenali saya sebagai kawan sederajat dari komunitas Marxis atau aku akan mendirikan melolong tentang rumor kegiatan provokator dari Malinovsky, yaitu pemerasan politik terhadap pemerasan kami selalu dan tanpa syarat untuk legalitas borjuis dari pengadilan borjuis …. Entah Anda membuat tuduhan publik ditandatangani dengan tanda tangan Anda sehingga pengadilan borjuis dapat mengekspos dan menghukum kamu (tidak ada cara lain memerangi pemerasan), atau Anda tetap menjadi orang dicap sebagai tukang fitnah … oleh pekerja. ”

Romawi Malinovsky mengundurkan diri dari Duma pada pecahnya Perang Dunia Pertama dan melawan perintah Bolshevik ia bergabung dengan Angkatan Darat Rusia . Dia terluka dan ditangkap oleh tentara Jerman pada tahun 1915 dan menghabiskan sisa konflik di satu kamp tahanan perang. Anehnya, pada bulan Desember 1916, surat kabar Bolshevik, Demokrat Sotsial, melaporkan bahwa Malinovsky telah “direhabilitasi sepenuhnya” untuk kejahatan masa lalu dari “desersi dari jabatannya”.

Lenin terkejut dengan keputusan kebanyakan sosialis di Eropa untuk mendukung upaya perang. Dia sekarang mengabdikan energinya untuk kampanye untuk mengubah “perang imperialis menjadi perang sipil”. Ini termasuk penerbitan, bukunya Imperialisme: Tahap Tertinggi Kapitalisme . Seiring dengan rekan dekatnya, Gregory Zinoviev dan Lev Kamenev , Lenin mengatur distribusi propaganda yang mendesak pasukan Sekutu untuk mengubah senapan mereka terhadap para perwira mereka dan memulai revolusi sosialis.

Lenin berargumen bahwa “slogan perdamaian adalah salah – slogan harus, putar perang imperialis menjadi perang saudara.” Lenin percaya bahwa perang sipil diRusia akan menurunkan orde lama dan memungkinkan Bolshevik untuk mendapatkan kekuasaan. Ini membawanya ke dalam konflik dengan Rosa Luxemburg .Pada tahun 1915 Luxemburg menerbitkan pamflet yang sangat berpengaruh, Krisis dalam Sosial Demokrasi Jerman . Luxemburg menolak pandangan dari Partai Sosial Demokrat pimpinan bahwa perang akan membawa demokrasi ke Rusia : “Memang benar bahwa sosialisme memberikan kepada setiap orang hak kemerdekaan dan kebebasan kontrol independen nasib sendiri Tapi itu adalah penyimpangan benar. sosialisme menganggap masa kini masyarakat kapitalis sebagai ekspresi dari penentuan-diri bangsa Di mana ada suatu bangsa di mana orang memiliki hak untuk menentukan bentuk dan kondisi nasional keberadaan mereka, politik dan sosial?. ”

Luxemburg juga menunjukkan bahwa Jerman juga memerangi negara demokratis seperti Inggris dan Perancis : “Jerman tentu memiliki hak untuk tidak berbicara tentang perang pertahanan, tetapi Perancis dan Inggris memiliki pembenaran sedikit lebih Mereka juga sedang melindungi, bukan nasional mereka,. tapi mereka adanya di dunia politik, harta lama mereka imperialistik, dari serangan dari pemula Jerman. ” Untuk Luxemburg, ini adalah perang imperialis, bukan perang kemerdekaan politik.

Dalam pamflet Rosa Luxemburg dikutip Friedrich Engels mengatakan: “. masyarakat borjuis berdiri di persimpangan jalan, baik transisi ke sosialisme atau regresi ke barbarisme” Dia menambahkan: “Sebuah melihat di sekitar kita saat ini menunjukkan apa regresi masyarakat borjuis ke dalam barbarisme berarti Ini perang dunia adalah regresi ke barbarisme …. Perang dunia saat ini terbukti tidak hanya pembunuhan dalam skala besar;.. juga bunuh diri dari kelas pekerja dari Eropa tentara sosialisme, kaum proletar Inggris, Perancis, Jerman, Rusia, dan Belgia telah berbulan-bulan telah membunuh satu sama lain atas perintah modal Mereka mendorong baja dingin pembunuhan ke dalam hati masing-masing.. Dikunci dalam pelukan kematian, mereka jatuh ke dalam kuburan umum. ”

Lenin setuju dengan keinginan untuk membawa Perang Dunia Pertama berakhir dan dikirim Inessa Armand ke konferensi Biro Sosialis Internasional di Brussels”untuk bertempur dengan tokoh besar seperti” seperti Karl Kautsky , Rosa Luxemburg , George Plekhanov , Leon Trotsky , Julius Martov , Emile Vanderveldedan Camille Huysmans . Sebagai Bertram D. Wolfe menunjukkan: “Dia diandalkan keterampilannya dalam semua bahasa Internasional, pengabdian harfiah padanya dan pandangannya, ketabahan di bawah api.”

Pada bulan September 1915, Nicholas II memegang komando tertinggi Tentara Rusia pertempuran di Front Timur. ini menghubungkan dia untuk kegagalan militer negara itu dan selama 1917 ada penurunan dukungan yang kuat untuk pemerintahannya. Sistem negara yang tidak kompeten dan korup tidak bisa menyediakan peralatan yang diperlukan untuk memungkinkan Angkatan Darat Rusia untuk melawan perang modern. Tahun 1917 lebih dari 1.300.000 orang tewas dalam pertempuran, 4.200.000 2.417.000 terluka dan telah ditangkap oleh musuh.

Perang ini juga memiliki dampak buruk pada ekonomi Rusia. Makanan dalam pasokan pendek dan ini menyebabkan kenaikan harga. Pada Januari 1917 harga komoditas di Petrograd meningkat enam kali lipat. Dalam upaya untuk meningkatkan upah mereka, pekerja industri mogok dan pada orang Petrograd turun ke jalan menuntut makanan. Pada 11 Februari 1917, orang banyak berbaris melalui jalan-jalan Petrograd memecahkan jendela toko dan berteriak slogan anti-perang.

Pada 26 Februari Nicholas II memerintahkan Duma menutup. Anggota menolak dan mereka terus bertemu dan mendiskusikan apa yang harus mereka lakukan.Michael Rodzianko , Presiden Duma, mengirim telegram kepada Tsar menunjukkan bahwa ia menunjuk sebuah pemerintahan baru yang dipimpin oleh seseorang yang memiliki kepercayaan diri rakyat. Ketika Tsar tidak menjawab, Duma dinominasikan sebuah Pemerintahan Sementara dipimpin oleh Pangeran George Lvov.

Komando Tinggi dari Angkatan Darat Rusia sekarang takut revolusi dengan kekerasan dan pada tanggal 28 Februari menyatakan bahwa Nicholas II harus turun tahta dalam mendukung anggota lebih populer dari keluarga kerajaan. Upaya sekarang dibuat untuk membujuk Grand Duke Michael Alexandrovich untuk menerima tahta. Dia menolak dan pada 1 Maret 1917, Tsar turun tahta meninggalkan Pemerintahan Sementara memegang kendali negara.

Lenin sekarang ingin kembali ke Rusia untuk membantu membentuk masa depan negara. Kementerian Luar Negeri Jerman, yang berharap bahwa kehadiran Lenin di Rusia akan membantu membawa perang di Front Timur berakhir, disediakan kereta khusus untuk Lenin dan 27 lainnya Bolshevik untuk melakukan perjalanan ke Petrograd . Wartawan itu, Harold Williams menolak ide bahwa Lenin dapat memainkan peran penting dalam urusan. “Lenin, pemimpin faksi ekstrim dari Sosial Demokrat, tiba di sini pada Senin malam dengan cara Jerman tindakan-Nya dalam menerima dari pemerintah Jerman sebuah bagian dari Swiss melalui Jerman membangkitkan kemarahan intens sini. Dia telah kembali bernapas api, dan menuntut kesimpulan segera dan tanpa syarat damai, perang saudara melawan tentara dan pemerintah, dan dendam pada Kerensky dan Chkheidze, yang ia gambarkan sebagai pengkhianat terhadap penyebab Sosialisme Internasional. Pada pertemuan Sosial Demokrat kemarin kata kasar liar diterima dalam keheningan mati, dan dia penuh semangat menyerang, tidak hanya oleh kaum Sosial Demokrat lebih moderat, tetapi oleh anggota faksi sendiri Lenin yang tersisa benar-benar tanpa pendukung.. Para tajam Repulse diberikan kepada penghasut ini adalah sehat tanda pertumbuhan arti praktis dari sayap Sosialis, dan nada umumnya moderat dan masuk akal dari konferensi pekerja provinsi dan para tentara deputi adalah indikasi lain berharap lewat dari demam revolusioner. ”

Ariadna Tyrkova , anggota Partai Demokrat Konstitusi , berkomentar: “Dia (Lenin) adalah seorang Marxis untuk siapa teori perjuangan kelas adalah dogma tak terbantahkan, yang berjudul pakar untuk mengadakan menghina semua keberatan hati nurani dan semua tuntutan Dari logika mudanya pekerjaan revolusioner ditandai oleh semangat intrik dingin dan kejam oleh arogansi seorang pria yakin bahwa dia adalah pembawa kebenaran mutlak, dan karena itu dibebaskan dari semua kewajiban moral.. Ambisius dan mendominasi, benar-benar tidak bermoral dalam pilihannya cara, Lenin ditindaklanjuti prinsip Divide et impera dan menaburkan perselisihan antara partainya sendiri Dialah yang putus partai ke dalam dua faksi Bolshevik dan Menshevik pada awal abad kedua puluh.. Perbedaan antara mereka faksi terletak terutama dalam taktik mereka, atau lebih tepatnya dalam standar moral mereka. ”

Ketika Lenin kembali ke Rusia pada tanggal 3 April 1917, ia mengumumkan apa yang dikenal sebagai Theses April . Lenin menyerang Bolshevik untuk mendukung Pemerintahan Sementara . Sebaliknya, ia berpendapat, kaum revolusioner harus memberitahu rakyat Rusia bahwa mereka harus mengambil alih kendali negara. Dalam pidatonya, Lenin mendesak para petani untuk mengambil tanah dari para tuan tanah kaya dan pekerja industri untuk merebut pabrik.

Albert Rhys Williams harus tahu Lenin selama periode ini. Dia kemudian berpendapat: “Dia adalah orang yang paling menyeluruh beradab dan manusiawi yang pernah saya tahu, sebagai yang bagus seperti yang saya pernah tahu, selain menjadi orang besar.” Williams yakin bahwa Bolshevik akan menjadi penguasa baru: ” Kaum Bolshevik memahami orang Mereka kuat di antara strata lebih terpelajar, seperti para pelaut,. dan terdiri sebagian besar pengrajin dan buruh kota. Sprung langsung dari singa rakyat mereka berbicara bahasa rakyat, berbagi kesedihan mereka dan berpikir pikiran mereka. Mereka adalah orang-orang Jadi, mereka terpercaya.. ”

Lenin menuduh orang Bolshevik yang masih mendukung Pemerintahan Sementara mengkhianati sosialisme dan menyarankan bahwa mereka harus meninggalkan partai. Beberapa mengambil saran Lenin, dengan alasan bahwa segala upaya revolusi pada tahap ini pasti akan gagal dan akan mengakibatkan lain pemerintah, represif Rusia otoriter.

Joseph Stalin berada dalam posisi sulit. Sebagai salah satu editor Pravda , ia menyadari bahwa ia ditahan ikut bertanggung jawab atas apa yang Lenin digambarkan sebagai “mengkhianati sosialisme”. Stalin memiliki dua pilihan utama terbuka baginya: ia bisa menentang Lenin dan menantangnya untuk kepemimpinan partai, atau dia bisa berubah pikiran tentang yang mendukung Pemerintahan Sementara dan tetap setia pada Lenin.

Setelah sepuluh hari diam, Stalin mulai bergerak. Dalam Pravda ia menulis sebuah artikel menolak ide bekerja dengan Pemerintahan Sementara . Dia mengutuk sayap kiri anggota pemerintah seperti Alexander Kerensky dan Victor Chernov sebagai kontra-revolusioner, dan mendesak petani untuk membentuk komite untuk mempersiapkan untuk mengambil alih tanah untuk diri mereka sendiri.

Pada 8 Juli 1917, Alexander Kerensky menjadi pemimpin baru dari Pemerintahan Sementara . Dalam Duma ia menjadi pemimpin kaum sosialis moderat dan telah dipandang sebagai juara dari kelas pekerja. Namun, Kerensky, seperti pendahulunya, George Lvov , tidak bersedia mengakhiri perang. Bahkan, segera setelah menjabat, ia mengumumkan serangan musim panas baru.

Prajurit di Front Timur kecewa mendengar berita itu dan resimen mulai menolak untuk pindah ke garis depan. Ada peningkatan yang cepat dalam jumlah pria meninggalkan dan dengan musim gugur tahun 1917 sekitar 2 juta orang itu secara tidak resmi meninggalkan tentara. Beberapa tentara kembali ke rumah mereka dan menggunakan senjata mereka untuk merebut tanah dari kaum bangsawan . Rumah Manor dibakar dan dalam beberapa kasus pemilik tanah kaya dibunuh.Kerensky dan Pemerintahan Sementara mengeluarkan peringatan tetapi tidak berdaya untuk menghentikan redistribusi tanah di pedesaan.

Lenin menyambut perkembangan ini dan menjadi jelas bagi Alexander Kerensky bahwa Bolshevik menimbulkan ancaman nyata terhadap pemerintahannya. Pada tanggal 19, Kerensky memberi perintah bagi penangkapan Lenin serta Gregory Zinoviev , Kamenev Lev , Anatoli Lunacharsky , dan Alexandra Kollontai . Markas Bolshevik di Istana Kshesinsky, juga diduduki oleh pasukan pemerintah.

Sebuah Bolshevik mata-mata di Kementerian Kehakiman menemukan apa yang akan terjadi dan Lenin berhasil melarikan diri ke Finlandia terdekat di mana dia disembunyikan oleh seorang sosialis rahasia, kepala Helsinki polisi. Sementara di Finlandia Lenin selesai Negara dan Revolusi . Dalam buku tersebut Lenin menjelaskan ide dari pemerintah bersifat sosialis ia ingin melihat di Rusia.

Setelah kegagalan Serangan Juli di Front Timur , perdana menteri, Alexander Kerensky , menggantikan Jenderal Alexei Brusilov dengan Jenderal Kornilov Lavr , sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Darat Rusia . Kedua orang itu segera bentrok mengenai kebijakan militer. Kornilov ingin Kerensky untuk mengembalikan hukuman mati bagi tentara dan militerisasi pabrik.

Lavr Kornilov menanggapi dengan mengirimkan pasukan di bawah pimpinan Jenderal Krymov untuk mengendalikan Petrograd. Alexander Kerensky sekarang dalam bahaya dan terpaksa meminta Soviet dan Pengawal Merah untuk melindungi Petrograd. Para Bolshevik , yang menguasai organisasi-organisasi ini, menyetujui permintaan ini, tetapi Lenin menegaskan mereka akan berperang melawan Kornilov bukan untuk Kerensky.

Dalam beberapa hari Bolshevik telah terdaftar 25.000 merekrut bersenjata untuk membela Petrograd. Sementara mereka menggali parit dan diperkaya kota, delegasi tentara dikirim untuk berbicara dengan tentara maju. Pertemuan dilakukan dan pasukan Kornilov memutuskan untuk tidak menyerang Petrograd. Umum Krymov bunuh diri dan Kornilov ditangkap dan ditahan.

Lenin sekarang kembali ke Petrograd tapi tetap bersembunyi. Pada tanggal 25 September, Kerensky berusaha untuk memulihkan sayap kiri dukungannya dengan membentuk sebuah koalisi baru yang melibatkan lebih Menshevik dan Sosialis Revolusioner . Namun, dengan Bolshevik mengendalikan Soviet dan sekarang dapat memanggil 25.000 milisi bersenjata, otoritas Kerensky telah dirusak.

Morgan Philips Harga , seorang wartawan yang bekerja untuk Manchester Guardian, melihat Lenin dan Leon Trotsky erat selama periode ini: “Lenin mengejutkan saya sebagai orang yang, meskipun jargon revolusioner yang ia gunakan, sadar akan rintangan yang dihadapi dia dan partainya Tidak ada keraguan bahwa Lenin adalah kekuatan pendorong di belakang Partai Bolshevik.. .. Dia adalah otak dan perencana, tetapi bukan orator atau peribut Itu fungsi jatuh ke Trotsky.. Aku melihat, waktu-waktu kemudian beberapa malam itu, membangunkan para delegasi Kongres, yang menjadi lesu, mungkin melalui berjam-jam kegembiraan dan menunggu. Dia selalu orang yang bisa mengatakan hal yang benar pada saat yang tepat. aku bisa melihat bahwa ada mulai sekarang berbuah kemitraan antara dia dan Lenin yang berbuat sangat banyak untuk melakukan revolusi melalui periode kritis yang datang. ”

Para Bolshevik mendirikan kantor pusat mereka di Institut Smolny. Sekolah biara Gadis-gadis mantan juga bertempat Soviet Petrograd . Di bawah tekanan dari kaum bangsawan dan industrialis, Alexander Kerensky dibujuk untuk mengambil tindakan tegas. Pada tanggal 22 Oktober ia memerintahkan penangkapan Komite Revolusi Bolshevik Militer. Hari berikutnya ia menutup koran-koran Bolshevik dan memotong telepon ke Institut Smolny.

Leon Trotsky sekarang mendesak menggulingkan Pemerintahan Sementara . Lenin setuju dan pada malam 24 Oktober 1917, pesanan diberikan untuk kaum Bolshevik mulai menduduki stasiun kereta api, sentral telepon dan Bank Negara. Hari berikutnya Pengawal Merah mengepung Istana Musim Dingin. Di dalamnya ada sebagian besar kabinet negara itu, meskipun Kerensky berhasil melarikan diri dari kota.

Istana Musim Dingin dipertahankan oleh Cossack, beberapa perwira militer dan Batalyon Wanita . Pukul 9 malam Aurora dan Petrus dan Paulus Benteng mulai menembaki istana. Kerusakan kecil dilakukan tetapi tindakan membujuk sebagian besar dari mereka membela bangunan untuk menyerah. Para Pengawal Merahyang dipimpin oleh Vladimir Antonov-Ovseenko , sekarang masuk ke Istana Musim Dingin dan menangkap para menteri Kabinet.

Pada tanggal 26 Oktober 1917, All-Rusia Kongres Soviet bertemu dan menyerahkan kekuasaan kepada Dewan Soviet Komisar Rakyat. Lenin terpilih ketua dan janji lain yang termasuk Leon Trotsky (Luar Negeri) Alexei Rykov (Negeri), Anatoli Lunacharsky (Pendidikan), Alexandra Kollontai (Kesejahteraan Sosial), Felix Dzerzhinsky (Negeri), Joseph Stalin (Nasionalitas), Peter Stuchka ( Keadilan) dan Vladimir Antonov-Ovseenko (Perang).

Sebagai ketua Dewan Komisar Rakyat, Lenin menghapuskan kepemilikan pribadi atas tanah dan mulai mendistribusikannya di antara para petani. Bank dinasionalisasi dan pekerja kontrol produksi pabrik diperkenalkan. Dia juga ditutup turun Assemby Konstituante dan mulai melarang partai-partai politik sepertiKadet , Menshevik dan Sosialis Revolusioner .

Pada 8 November 1917, John Reed menghabiskan waktu dengan Lenin: “Seorang tokoh, pendek kekar, dengan kepala besar ditetapkan pada kedua pundaknya, botak dan mata melotot Little, hidung snubbish, lebar, mulut murah hati, dan dagu berat;. dicukur bersih sekarang, tapi sudah mulai dengan bulu jenggot terkenal dari masa lalunya dan masa depan mengenakan pakaian lusuh,. celananya terlalu lama baginya. Unimpressive, menjadi pujaan massa, dicintai dan dihormati sebagai mungkin beberapa pemimpin dalam sejarah telah Seorang pemimpin populer aneh ‘pemimpin murni berdasarkan akal; tidak berwarna, tanpa humor, umcompromising dan terlepas, tanpa keistimewaan indah – tetapi dengan kekuatan menjelaskan ide-ide yang mendalam dalam hal sederhana, menganalisa situasi konkret.. dan dikombinasikan dengan kelihaian, keberanian intelektual terbesar. ”

Beberapa dari para pemimpin komunis di Jerman, termasuk Rosa Luxemburg dan Karl Liebknecht ditangkap dan dipenjarakan selama Perang Dunia Pertama . Sementara di penjara Luxemburg menulis Revolusi Rusia , di mana ia mengkritik Lenin untuk menggunakan metode yang diktator dan teroris untuk menggulingkan pemerintah di Rusia . “Teror tidak hancur kita Bagaimana Anda menaruh kepercayaan Anda pada teror..”

Sekali lagi pekerjaan ini menunjukkan bahwa ia menentang aktivitas para Bolshevik . Dia mengutip Leon Trotsky mengatakan: “Sebagai Marxis kita tidak pernah berhala penyembah demokrasi formal.” jawab Dia bahwa: “Semua yang yang benar-benar berarti adalah: Kami selalu dibedakan kernel sosial dari bentuk politik demokrasi borjuis, kita memiliki selalu mengungkapkan kernel keras ketimpangan sosial dan kurangnya kebebasan tersembunyi di bawah kulit manis kesetaraan formal dan kebebasan – bukan untuk menolak yang terakhir tapi untuk memacu kelas pekerja menjadi tidak puas dengan shell, melainkan dengan politik menaklukkan kekuasaan, untuk menciptakan demokrasi sosialis untuk menggantikan demokrasi borjuis – bukan untuk menghilangkan sama sekali demokrasi “.

Rosa Luxemburg berpendapat: “Tapi demokrasi sosialis bukanlah sesuatu yang dimulai hanya dalam tanah perjanjian setelah dasar-dasar ekonomi sosialis diciptakan; itu tidak datang sebagai semacam hadiah Natal untuk orang-orang yang layak, untuk sementara, memiliki setia didukung beberapa diktator sosialis. demokrasi Sosialis dimulai bersamaan dengan awal dari kehancuran kekuasaan kelas dan pembangunan sosialisme Ini dimulai pada saat yang sangat dari perebutan kekuasaan oleh partai sosialis.. Ini adalah hal yang sama seperti kediktatoran proletariat Ya,. kediktatoran! Tapi kediktatoran ini terdiri dalam cara menerapkan demokrasi, tidak dalam penghapusan, tetapi di energik, serangan tegas atas baik bercokol hak dan hubungan ekonomi masyarakat borjuis, yang tanpa transformasi sosialis tidak dapat dicapai Tapi kediktatoran ini harus menjadi pekerjaan dari kelas dan bukan dari minoritas terkemuka kecil di nama kelas – yaitu, ia harus maju selangkah demi selangkah dari partisipasi aktif dari massa, melainkan harus di bawah. pengaruh langsung mereka, tunduk pada kontrol aktivitas publik yang lengkap, melainkan harus muncul dari pelatihan politik tumbuh dari massa rakyat “.

Lenin juga didemobilisasi tentara dan mengumumkan bahwa ia berencana untuk mencari gencatan senjata dengan Jerman . Pada bulan Desember 1917, Leon Trotsky memimpin delegasi Rusia di Brest-Litovsk yang sedang bernegosiasi dengan perwakilan dari Jerman dan Austria

Trotsky memiliki tugas sulit mencoba untuk mengakhiri partisipasi Rusia dalam Perang Dunia Pertama tanpa harus memberikan wilayah dengan Blok Sentral .Dengan menggunakan taktik menunda Trotsky berharap bahwa revolusi sosialis akan menyebar dari Rusia ke Jerman dan Austria-Hongaria sebelum ia harus menandatangani perjanjian itu.

Setelah sembilan minggu diskusi tanpa perjanjian, Angkatan Darat Jerman diperintahkan untuk melanjutkan muka ke dalam Rusia. Pada tanggal 3 Maret 1918, dengan pasukan Jerman bergerak menuju Petrograd, Lenin memerintahkan Trotsky untuk menerima persyaratan dari Blok Sentral . Para Brest-Litovsk Perjanjianmengakibatkan Rusia menyerah Ukraina, Finlandia , provinsi Baltik, Kaukasus dan Polandia .

Keputusan meningkat oposisi terhadap Bolshevik pemerintah dan Umum Lavr Kornilov sekarang menyelenggarakan Tentara Relawan. Selama beberapa bulan berikutnya kelompok lain yang menentang rezim Soviet bergabung dengan perjuangan. Akhirnya para prajurit yang berperang melawan Tentara Merah selamaPerang Saudara dikenal sebagai kulit putih.

Mereka yang bergabung dengan Tentara Putih termasuk Kadet , yang ingin melanjutkan perang melawan Blok Sentral . Beberapa Menshevik dan Sosialis Revolusioner yang menentang kekuasaan diktator rezim baru juga bergabung perlawanan. Orang lain yang menentang kaum Bolshevik termasuk pemilik tanah yang telah kehilangan lahan mereka, pemilik pabrik yang milik mereka dinasionalisasi, anggota yang saleh dari Gereja Ortodoks Rusia yang menolak ateisme pemerintah dan royalis yang ingin mengembalikan monarki.

Para Tentara Putih awalnya telah sukses di Ukraina dimana Bolshevik adalah tidak populer. Hambatan utama datang dari Nestor Makhno , pemimpin sebuahAnarkis tentara di daerah tersebut. Leon Trotsky dan Vladimir Antonov-Ovseenko , memimpin Tentara Merah dan secara bertahap pro-Bolshevik mengambil alih Ukraina. Pada bulan Februari 1918, diadakan Whites tidak ada area besar di Rusia tetapi tidak sampai akhir 1920 bahwa Perang Saudara berakhir.

Pada 2 November 1918, Roma Malinovsky menyeberangi perbatasan Rusia dan muncul di Petrograd . Ia mengunjungi Institut Smolny , markas Bolshevik, pada tiga hari berjalan, menuntut yang harus diambil untuk melihat Lenin. Pada hari ketiga, Gregory Zinoviev melihatnya dan memerintahkan penangkapannya. Ia dibawa ke Moskow untuk percobaan dan Nikolai Krylenko diangkat sebagai jaksa.

Vladimir Burtsev diwawancarai Malinovsky dan ia mengatakan kepadanya: “Ketika revolusi menang di Jerman dan Rusia dan kemungkinan berpartisipasi menonjol dalam kegiatan politik telah hilang untuk selama-lamanya, ia memutuskan untuk kembali dan mati, daripada melarikan diri ke dalam ketidakjelasan dari Argentina atau tempat serupa berlindung. Tentu saja, dia bisa bunuh diri, tetapi ia lebih suka mati dalam pandangan semua orang, dan tidak takut mati. ”

Pada persidangan Romawi Malinovsky mengakui ia telah mata-mata dan berkomentar: “.. Saya tidak meminta belas kasihan saya tahu apa yang di toko untuk saya, saya pantas mendapatkannya” Setelah pengadilan singkat dinyatakan bersalah dan dieksekusi malam itu. Sejarawan, Bertram D. Wolfe , telah meminta pertanyaan-pertanyaan berikut: “Berapa banyak Lenin tahu masa lalu yang Malinovsky Mengapa Lenin membebaskan Malinovsky pada tahun 1914, terhadap bukti dan melawan dunia Mengapa ia merehabilitasi dirinya pada 1916 Mengapa? Malinovsky kembali ke Rusia ketika Lenin masih berkuasa? Apakah dia mengandalkan Lenin? Mengapa Lenin kemudian tidak mengangkat jari untuk menyelamatkannya? ”

Inessa Armand dikontrak kolera dan meninggal pada usia empat puluh enam pada tanggal 24 September 1914. Angelica Balabanoff mencatat bahwa: “Lenin benar-benar rusak oleh kematiannya … Dia jatuh dalam keputusasaan, topinya menutupi matanya; kecil saat ia itu, ia tampak menyusut dan tumbuh lebih kecil Dia tampak menyedihkan dan patah semangat aku tidak pernah melihatnya seperti itu sebelumnya “… Alexandra Kollontai menambahkan: “. Dia tidak bisa terus hidup setelah Inessa Armand Kematian Inessa mempercepat perkembangan penyakit yang menghancurkan dia. ”

Kebijakan Lenin tentang Perang Komunisme selama Perang Saudara menciptakan penderitaan sosial dan menimbulkan kerusuhan, pemogokan dan demonstrasi. Setelah Pemberontakan Kronstadt ia menjawab dengan memperkenalkan Kebijakan Ekonomi Baru . Petani diizinkan untuk menjual makanan di pasar terbuka dan diizinkan untuk mempekerjakan orang untuk bekerja untuk mereka. Para petani yang memperluas ukuran pertanian mereka menjadi dikenal sebagai kulak. Pabrik yang mempekerjakan kurang dari dua puluh orang didenasionalisasi dan dapat diklaim kembali oleh pemilik terdahulu.

Kesehatan Lenin menurun setelah ditembak oleh Dora Kaplan , anggota Revolusioner Sosialis , pada 30 Agustus, 1918. Dua peluru memasuki tubuhnya dan itu terlalu berbahaya untuk menghapusnya. Dalam sebuah pernyataan ia dibuat untuk Cheka malam itu, dia menjelaskan bahwa dia telah berusaha untuk membunuhnya karena ia telah ditutup pada Majelis Konstituante dan menggambarkan dia sebagai “pengkhianat terhadap revolusi.”

Lenin menemukan ketidaksetujuan atas Kebijakan Ekonomi Baru melelahkan. Kesehatannya telah miskin sejak Dora Kaplan telah menembaknya pada 1918.Sakit kepala parah terbatas tidurnya dan dimengerti dia mulai menderita kelelahan. Lincoln Steffens diwawancarai Lenin setelah ia ditembak oleh Dora Kaplan :. “Lenin tidak sabar dengan liberalisme, tapi dia telah menunjukkan dirinya seorang liberal oleh naluri Dia pernah membela kebebasan berbicara , perakitan, dan pers Rusia untuk sekitar lima sampai tujuh bulan setelah revolusi Oktober yang menempatkan dia dalam kekuasaan Orang-orang telah berhenti berbicara;. mereka untuk tindakan terhadap program Tetapi plottings dari kulit putih, perdebatan mengganggu dan kritik. dengan berbagai nuansa merah, konspirasi liar dan kekerasan dari kaum anarkis melawan sosialisme Bolshevik, mengembangkan ekstrim kiri dalam partai Lenin yang diusulkan untuk melanjutkan langsung ke teror yang rakyat sudah siap untuk. Lenin mengulurkan melawan mereka sampai dia ditembak , dan bahkan kemudian, ketika ia berada di rumah sakit, ia memohon untuk kehidupan wanita yang menembaknya. ”

Lenin memutuskan ia membutuhkan seseorang untuk membantunya mengontrol Partai Komunis . Pada Konferensi Partai pada bulan April 1922, Lenin mengusulkan agar posting baru dari Sekretaris Jenderal harus dibuat. Pilihan Lenin untuk posting adalah Joseph Stalin , yang di masa lalu selalu setia mendukung kebijakan-kebijakannya. Lawan utama Stalin untuk kepemimpinan masa depan partai gagal melihat pentingnya posisi ini dan benar-benar didukung pencalonannya. Mereka awalnya melihat jabatan Sekretaris Jenderal sebagai tidak lebih bahwa “corong Lenin”.

Segera setelah penunjukan Stalin sebagai Sekretaris Umum, Lenin pergi ke rumah sakit untuk memiliki peluru dikeluarkan dari tubuhnya yang sudah ada sejak percobaan pembunuhan Dora Kaplan. Diharapkan bahwa operasi ini akan memulihkan kesehatannya. Ini bukan menjadi; segera setelah itu, pembuluh darah pecah di otak Lenin. Ini membuatnya lumpuh semuanya sisi kanannya dan untuk waktu yang ia tidak mampu berbicara. Sebagai “juru bicara Lenin”, Joseph Stalin tiba-tiba menjadi sangat penting.

Sementara Lenin diamobilisasi, Stalin membuat penuh penggunaan kekuasaannya sebagai Sekretaris Jenderal. Pada Kongres Partai ia telah diberikan izin untuk mengusir “tidak memuaskan” anggota partai. Hal ini memungkinkan Stalin untuk menghapus ribuan pendukung Leon Trotsky , saingan utamanya untuk kepemimpinan partai. Sebagai Sekretaris Jenderal, Stalin juga memiliki kekuatan untuk mengangkat dan memecat orang dari posisi penting di pemerintahan.Pemegang baru dari posting ini sepenuhnya menyadari bahwa mereka berutang promosi mereka untuk Stalin. Mereka juga tahu bahwa jika perilaku mereka tidak menyenangkan hatinya mereka akan diganti.

Dikelilingi oleh para pendukungnya, kepercayaan Stalin mulai tumbuh. Pada bulan Oktober 1922, ia tidak setuju dengan Lenin atas masalah perdagangan luar negeri. Ketika masalah ini telah dibahas pada Komite Sentral, Stalin itu bukan kebijakan Lenin diterima. Lenin mulai takut bahwa Stalin mengambil alih kepemimpinan partai. Lenin menulis kepada Leon Trotsky meminta dukungannya. Trotsky setuju dan pada pertemuan berikutnya dari Komite Sentral keputusan pada perdagangan luar negeri dibatalkan. Lenin, yang terlalu sakit untuk menghadiri, menulis untuk memberi selamat Trotsky dia pada keberhasilan dan menunjukkan bahwa di masa depan mereka harus bekerja sama melawan Stalin.

Joseph Stalin , yang istrinya Nadya Alliluyeva bekerja di kantor swasta Lenin, segera menemukan isi dari surat yang dikirim ke Leon Trotsky . Stalin marah besar ketika ia menyadari bahwa jika Lenin dan Trotsky bekerja sama melawan dia, karir politiknya akan berakhir. Di cocok kemarahan Stalin berbuat kasar telepon panggilan untuk kehidupan Lenin, Nadezhda Krupskaya , menuduhnya membahayakan kehidupan Lenin dengan mengizinkannya untuk menulis surat ketika ia begitu sakit.

Setelah Krupskaya mengatakan kepada suaminya dari panggilan telepon, Lenin membuat keputusan bahwa Stalin tidak orang untuk menggantikannya sebagai pemimpin partai. Lenin tahu dia dekat dengan kematian sehingga ia didiktekan kepada sekretarisnya surat bahwa ia ingin menjadi terakhir “kemauan dan wasiat” nya. Dokumen ini terdiri dari pemikirannya tentang anggota senior dari kepemimpinan partai.

Dia sangat prihatin dengan pertumbuhan kekuatan Joseph Stalin : “Kamerad Stalin, setelah menjadi Sekretaris Umum, telah memusatkan kekuatan yang sangat besar di tangannya: dan saya tidak yakin bahwa dia selalu tahu bagaimana menggunakan kekuatan itu dengan hati-hati yang cukup karena itu saya usulkan. untuk kawan-kawan kami untuk mempertimbangkan cara menghapus Stalin dari posting ini dan menunjuk orang lain yang berbeda dari Stalin dalam satu hal berat:. menjadi lebih toleran, lebih setia, lebih sopan, lebih perhatian rekan-rekannya ”

Tiga hari setelah menulis ini Lenin mengalami stroke ketiga. Lenin tidak lagi bisa berbicara atau menulis dan meskipun ia tinggal selama sepuluh bulan, ia tidak lagi sebagai kekuatan dalam Uni Soviet.

Lenin meninggal di Gorki pada 21 Januari 1924. ***

Sumber: http://www.spartacus.schoolnet.co.uk/RUSlenin.htm

di bawah ini adalah beberapa catatan Lenin. Klik (unduh) lalu klik SKIPAD, jika anda ingin menyimpannya. Ada beberapa file yang berpasword, ketik bandungmelawan dalam papan kunci anda untuk membuka file tersebut. Selamat membaca dan mari melawan!

1894 Siapa “Sahabat Rakyat”dan bagaimana mereka memusuhi kaum sosial demokrat (unduh)

1899 Program Kita (unduh)
1900 Tugas-Tugas Mendesak Gerakan Kita (unduh)
1901 Di Mana Kita Mulai (unduh)
1902 Apa Yang Harus Dikerjakan? (Belum Selesai) KARYA PENTING! (unduh)
1903 Kepada Kaum Miskin Desa (unduh)
1905 Sosialisme Borjuis Kecil dan Sosialisme Proletar (unduh)
1905 Sosialisme dan Kaum Tani (unduh)
1906 Kebebasan Mengkritik dan Kesatuan Tindakan (unduh)
1906 Pelajaran Dari Pemberontakan Moskow (unduh)
1906 Perang Gerilya (unduh)
1906 VIII. Kongres Telah Menyimpulkan (unduh)
1907 Kekuatan dan Kelemahan Revolusi Rusia (unduh)
1908 Marxisme dan Revisionisme (unduh)
1908 Materialisme dan Empiriokritisme KARYA PENTING! (unduh)
1908 Tentang Penilaian Revolusi Rusia (unduh)
1910 Pelajaran Dari Revolusi (unduh)
1912 Kampanye Pemilihan Untuk Duma Keempat dan Tugas-Tugas Kaum Sosial-Demokrat Revolusioner (unduh)
1912 Kenaikan Revolusioner (unduh)
1912 Situasi Di Dalam PBSDR dan Tugas-Tugas Segera Partai (unduh)
1913 Tiga Sumber Dan Tiga Komponen Marxisme (unduh)
1913 Takdir Historis bagi Doktrin Karl Marx (unduh)
1916 Imperialisme sebagai sebuah tahapan khusus dari kapitalisme KARYA PENTING! (unduh)
1917 Aliansi Antara Kelas Buruh dan Petani Terhisap (unduh)
1917 Apakah Kekuasaan Rangkap Telah Lenyap? (unduh)
1917 Bolshevisme dan “Demoralisasi” Tentara (unduh)
1917 Tugas-Tugas Kaum Proletariat Dalam Revolusi Sekarang Ini (Tesis April) KARYA PENTING! (unduh)
1917 Keruntuhan Ekonomi dan Perjuangan Proletariat Melawannya (unduh)
1917 Negara dan Revolusi KARYA PENTING! (unduh)
1917 Marxisme dan Pemberontakan (unduh)
1917 Sifat Merugikan Omong Kosong (unduh)
1917 Suatu Pemerintah Revolusioner yang Kuat (unduh)
1917 Sumber Kelas Para Cavaignac Masa Ini dan “Masa Yang Akan Datang” (unduh)
1917 Tentang Kekuasaan Rangkap (unduh)
1917 Tentang Kompromi (unduh)
1917 Titik Balik (unduh)
1917 Draft Regulasi Atas Kontrol Buruh (unduh)
1920 Kepada para Pekerja Perempuan (unduh)
1920 Komunisme “Sayap Kiri” – Suatu Penyakit Kanak-Kanak KARYA PENTING! (unduh)
1920 Laporan Komisi Tentang Permasalahan Nasional dan Kolonial (unduh)
1920 Tugas-Tugas Liga Pemuda (unduh)

Sumber karya-karya Lenin: www.marxists.org/indonesia/archive/lenin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s